Selasa, 17 April 2012

Tips Merawat Kuku

Masalah kuku masih sering dianggap sepele. Padahal, dengan menjaga kebersihan kuku tangan dan kaki, akan menghindari kita dari serangan penyakit. Selain itu, menjaga dan merawat kebersihan kuku juga menunjang penampilan sekaligus membuat kita percaya diri dan menarik. Menurut dr. Laksmi Duarsa, Sp. K.K. masih ada orang yang memunyai kebiasan buruk dengan menggigit kuku, atau malas memotong dan membersihkan kukunya.

Padahal, kuku dapat menjadi tempat mengendapnya kotoran. Apalagi, tidak dibarengi dengan cuci tangan sebelum makan. Tangan merupakan bagian yang paling rawan terkena kotoran karena sekaligus sebagai alat makan. “Dari kuku kita dapat melihat, apakah pemiliknya termasuk orang yang suka menjaga kesehatan atau tidak. Bila kuku kita bersih dapat menambah rasa percaya diri dan tubuh pun terhindar dari kuman-kuman dan berbagai macam penyakit,” katanya.



Ia mengatakan, kuku tangan dan kaki memiliki komponen yang sama tetapi ketebalan lapisan permukaannya yang berbeda. “Kuku kaki lebih tebal sehingga kalau terjadi kerusakan pada kuku kaki pengobatannya memerlukan waktu yang lama,” jelasnya. Pada dasarnya, kata dokter Laksmi, kuku pada perempuan dan laki-laki sama saja, hanya para perempuan lebih telaten merawatnya, karena kecantikan kuku menunjang penampilan mereka. Kuku kaki yang tidak terawat, sering menimbulkan bau tak enak terutama di bagian tumit dan sela-sela jari. Kuku yang menyebarkan aroma tak sedap pada umumnya disebabkan infeksi mikroorganisme terurtama kumam bakteri dan jamur. Kelainan pada kuku terlihat dari warnanya yang kusam. Ini bisa disebabkan karena jamur, eksim, alergi terhadap bahan pembersih seperti sabun dan pemakaian air tanah yang kualitasnya buruk.

Tips Perawatan Kuku:
1. Potong kuku secara teratur tiap Minggu.
2. Hindari memotong kuku terlalu dalam yang mengakibatkan kulit ari terbuka bisa menimbulkan sakit dan mudah terkena iritasi.
3. Jangan pelihara kuku terlalu panjang
4. Jangan mencongkel-congkel sisi kuku yang berbatasan dengan kulit karena bisa menyebakan infeksi
5. Jaga kuku selalu tetap kering
6. Bersihkan kuku tangan dan kaki tiap mandi dengan sabun dan gosok sela-sela jari sampai bersih.
7. Gunakan sarung tangan melakukan pekerjaan yang kotor- agar kondisi kuku terjaga dengan baik.
8. Usahakan alas kaki seperti sepatu dan sandal tetap kering untuk menghindari kelembaban yang berisiko menimbulkan bau
9. Ganti kaus kaki tiap hari.


http://rathikumara.blogspot.com/2012/01/kebersihan-kuku.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar