Senin, 03 Oktober 2016

Tutorial Cara Membuat Blog dan Menulis Artikel di blog Gratis di Blogspot Terbaru

Membuat blog bukanlah merupakan sesuatu yang sulit dan menyusahkan, apalagi dengan menggunakan blogger/blogspot, dengan beberapa langkah saja anda sudah bisa membuat blog sendiri. Bagi anda yang senang menulis, maka aktivitas nge-blog anda akan menjadi lebih mudah dan anda bisa membagikan tulisan anda secara luas. Disini Tutorial-and-Tips tidak hanya akan menjelaskan bagaimana cara membuat blog saja, tetapi juga cara men-setting agar blog menjadi lebih menarik


Untuk kali ini, Tutorial-and-Tips akan memberikan panduan tentang cara membuat blog melalui platform blogger. Jika anda ingin membuat blog dengan platform lain (WordPress) silahkan klik. Nah langsung saja berikut langkah-langkahnya:

1. Miliki Akun Gmail terlebih dahulu



Jika kamu belum punya email, silahkan membuat email terlebih dahulu melalui laman Gmail. Sebelum kamu membuat blog, kamu harus sudah mempunyai akun Gmail sebelumnya untuk bisa login ke blogger.com, mengapa harus Gmail bukan yahoo, hotmail atau lainnya? Ya, ini karena akun Gmail tidak  hanya ditujukan untuk membuat blog saja, tetapi juga untuk keperluan lainnya seperti sambungan ke facebook, youtube, blogger, drive, dan lain sebagainya.

2. Buka laman www.blogger.com

Setelah membuka laman resminya, kamu akan melihat gambar seperti dibawah ini. Silahkan masuk menggunakan akun Gmail yang sudah anda miliki dengan memasukan email dan kata sandi. Pastikan yang anda ketik benar, baik  email maupun kata sandinya. Perhatikan huruf besar dan huruf kecil yang kamu masukan, setelah itu klik masuk.





3. Memulai "Blog Baru"

Setelah kamu berhasil login dan muncul halaman seperti yang tertera dibawah, maka langkah selanjutnya adalah klik tombol yang berada di dsebelah kiri yang bertuliskan Blog Baru, sehingga muncul seperti gambar dibawah ini.




4. Judul dan Alamat Blog

Setelah itu akan muncul 4 langkah kecil seperti judul, alamat, template, dan buat blog. Pertama yang harus anda isi adalah bagian judul. Di bagian judul ini, isi dengan judul blog kamu. Tips untuk memberi judul blog kamu, sebaiknya sesuai dengan temanya, agar mudah terindeks oleh google.

Setelah memasukan judul, masukan alamat blog yg kamu inginkan, tuliskan alamat blog kamu, terserah, bebas, asal dengan catatan alamat blog kamu itu belum digunakan olehorang lain. Jika alat yang kamu masukan sudah  dipakai oleh orang lain, maka akan muncul pesan tanda seru (!) berwarna kuning. Jika nama yang anda masukan belum terdapat sebelumnya, maka akan muncul tanda centang biru.

Pilihan template yang terlihat seperti beberapa gambar adalah pilihan untuk desain blogmu nantinya. Pilihlah sesuai selera anda. Tidak perlu khawatir jika template yang disediakan tidak ada yang sesuai dengan selera kamu, karena kamu bisa mendownload template-template blog di internet. Cara pemasangannya juga mudah, untuk cara pemasangan template blog bisa klik disini

Setelah semua yang diatas sudah terisi lengkap, maka klik "Buat Blog" untuk menyimpan semua yang telah anda atur. Maka dengan kata lain blog kamu telah berhasil dibuat.


5. Mulalilah Menulis

Setelah anda mempunyai blog, maka langkah selanjutnya adalah mulailah menulis, Bagaimana cara menulis artikel? kamu bisa memulainya dengan cara berikut:

a. Masuk ke Worksheet


Mulailah menulis dengan cara pertama klik tombol warna oranye yg dituntukan panah ke 1. Selain opsi tersebut, ada juga opsi lain seperti yang ditunjukan pada tanda panah ke 2, yang berfungsi untuk memilih beberapa pengaturan, misal ‘Pos‘ untuk melihat semua artikel yang sudah ditulis, ‘Laman‘ untuk menulis artikel menu seperti profil, kontak dan sebagainya, ‘Komentar‘ untuk melihat siapa saja yang telah memberi comment, dan ‘Statistik‘ untuk melihat jumlah pengunjungnya per hari, minggu atau bulan. Setelah masuk di bagian itu, anda juga masih bisa melihat tombol pos atuu membuat artikel baru di bagian kiri samping yang juga tulisannya oranye.

b. Memposting Tulisan


Keterangan:
    • Untuk keterangan nomor 1 diisi dengan judul artikel yang akan kamu publikasikan, usahakan jangan terlalu singkat dan kalau perlu sesuai dengan tema yang kamu ingin bahas agar mudah terindeks.
    • Kolom nomor 2 untuk mengetik tulisan blog anda.
    • Kolom nomor 3 Untuk pengaturan dan gaya artikel, seperti mem-bold, huruf miring atau memperbesar kata dan lainnya.
    • Yang ditunjukan nomor 4 yaitu Label adalah sama dengan nama dari kategori artikelnya. Ini gunanya untuk mengelompokkan jenis tulisan dalam satu kategori, missal ‘WordPress’ yang isinya segala menyangkut soal tutorial wordpress tersebut.
    • Tombol nomor 5 yang mana Tombol kuning dengan tulisan ‘Publikasikan’ adalah yang kita klik setelah selasai menulis  agar artikel tersebut bisa online dan dibaca semua orang.
    Keterangan-keterangan diatas dapat kamu pahami sehingga akan memudahkan kamu dalam membuat dan menulis artikel di blog.

    Setelah kamu membaca cara membuat blog dan menulis artikel blog diatas, dapat kamu mengerti kalau dalam membuat blog itu mudah. Jika tidak mengerti, bacalah dengan teliti karena point-point yang diberikan diatas sudah jelas. Sebaiknya cobalah memahami cara tersebut sambil melakukannya atau learning by doing agar dapat memahaminya dengan mudah. Sekian artikel kali ini, bila ada kekurangan, kritik, atau saran yang membangun bisa kamu tuliskan dikoomentar. Salam.


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar