Senin, 03 Oktober 2016

Cara membuat email baru, akun Gmail dan Yahoo terbaru!

Membuat email ataupun mendaftar email adalah cara yang mudah, bahkan bisa dilakukan dengan cepat. Di internet, ada banyak penyedia akun email, namun yang akan tutorial-and-tips bahas disini adalah 2 provider email yang paling terkenal dan paling sering digunakan, yaitu Google dengan Gmail-nya dan Yahoo dengan Ymail-nya. Namun sekarang layanan yang lebih dominan yaitu google.

Kegunaan email sekarang ini sangat banyak, selain untuk keperluan komunikasi, juga bermanfaat sebagai alat bisnis dan promosi gratis, misalnya digunakan untuk mengirim newsletter, berkas penting, gambar, file ms word dan lain sebagainya. Bahkan saat ini ada juga yang buat akun e-mail untuk tujuan mencari uang, yakni dengan mempromosikan produk orang lain yang mana setiap ada yang mengunjungi tautan di dalamnya dan melakukan pembelia maka ia bisa mendapat komisi dari situ dan masih banyak lagi jenisnya.

Kelebihan Fungsi Email dengan Gmail

  1. Bisa digunakan untuk membuat blog gratis
  2. Bisa membuat akun youtube  secara langsung
  3. Login ke google play dan mendownload aplikasi berbasis android
  4. Bisa terkoneksikan ke jejaring sosial milik google, Google+
  5. Dapat dipakai sebagai syarat untuk membuat akun di website manapun, termasuk membuat twitter, facebook, dan instagram
  6. Untuk membuka layanan google lainnya seperti Drive, Maps, Sheets, Classro
Berikut ini akan diterangkan langkah-langkah untuk membuat akun email dengan provider Gmail dan Yahoo, kita mulai terlebih dahulu kepada Gmail

Cara Membuat email dengan Gmail


1. Langkah pertama yaitu dengan membuka halaman mail.google.com setelah muncul halaman seperti dibawah lalu klik 'buat akun'



2. Berikutnya kamu akan melihat halaman yang berbentuk form atau kolom-kolom yang untuk diisi sebagai syarat pendaftaran sebagaimana yang terlihat di bawah



Keterangan:

  • Nama: Pada bagian ini kamu diminta mengisi nama asli yang terdiri dari 2 kata, yaitu nama depan dan nama belakang yang biasanya dari nama orang tua, kalau bisa usahakan sama dengan KTP agar nanti bisa dipakai untuk keperluan penting.
  • Pilih nama pengguna anda: silahkan isi dengan menulis alamat email yang kamu inginkan (tanpa gmail.com karena sudah otomatis tertulis). Usahakan pilih yang belum digunakan orang lain sama sekali karena jika telah dipakai alamatnya akan ada pesan berwarna merah bahwa kamu harus mencari alternatif lain. Jika ingin cepat tambahkan angka di belakangnya. Tapi sebaiknya juga yang mudah diingat agar setiap kali ingin login mudah mengetikkannya.
  • Buat sandi: Ketik password yang akan digunakan login ke akunmu nanti, pastikan dibuat rumit dengan menggabung antara angka, huruf kecil dan besar. Setelah itu catat agar tidak lupa.
  • Konfirmasi sandi anda: Ketik ulang password yang dibuat di atas, ini gunanya hanya untuk memastikan bahwa sandi yang di buat betul dan tidak ada kesalahan input.
  • Tanggal lahir: Isi berurut mulai dari tahun, bulan dan tanggal. Untuk tahun ketik manual, tapi bulannya tinggal pilih dengan mengklik tanda panah kecil di sampingnya.
  • Gender: Silahkan tentukan apa jenis kelaminmu, pria atau wanita, atau jika dibuat dalam bahasa inggris tertulis Male untuk laki-laki dan Female untuk perempuan.
  • Ponsel: nomor hp kamu yang masih aktif. Ini nantinya digunakan untuk melakukan verifikasi 2 langkah atau hanya sekedar memastikan bahwa yang membuat email adalah manusia dan bukan robot.
  • Alamat email anda saat ini: Kalau kamu punya email selain Gmail dari google, seperti Yahoo, Hotmail dan lainnya maka silahkan masukkan untuk jaga-jaga kalau nantinya kamu lupa dengan akunmu, tapi ini bisa juga tidak diisi kalau memang sama sekali belum punya akun.
  • Buktikan bahwa anda bukan robot: Kalau kamu centang bagian bawahnya yang bertuliskan “Lewati verifikasi ini…” berarti memilih langkah verifikasi dengan handphone yang mana nanti kodenya akan dikirim via sms ke hpmu, sedang jika tidak dicentang maka harus mengisi kode captah (gabungan angka dan huruf) yang ada di bawahnya sesuai yang terlihat. Jika sulit membaca klik icon ‘refresh’ yang ada di samping kolom ‘Ketik teks’ atau bisa juga dengan mendengar suara dengan mengklik icon microfon. Usahakan sesuaikan persis dengan yang tertulis di atasnya, terutama huruf besa dan kecilnya harus sama.
  • Lokasi: Pilih sesuai negara, dalam hal ini Indonesia.
  • Centang tulisan “Saya menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan privasi google” Anda bisa membaca apa saja kebijakan yang dimaksud dengan mengklik tulisan biru yang ada, tapi bisa juga tidak. Namun, agar paham semua aturan penggunaan soal ini maka sebaiknya dilihat dulu. Caranya klik sambil menekan tombol Ctrl di keyboard agar terlihat di halaman lain.
  • Tekan tombol biru bertuliskan “Langkah berikutnya” untuk mengakhiri proses awal pendaftaran email baru ini

3, Selanjutnya kamu akan diarahkan menuju halaman yang bertuliskan "Buat profile Google+ Publik" dan pada bagian ini terdapat beberapa pilihan, diantaranya:


  • Tambahkan foto: Kamu bisa klik tulisan "Tambahkan foto" dibawah foto ilustrasi yang berbentuk bulat tersebut, namun jika kamu tidak ingin melakukannya sekarang, cukup kewati saja.
  • Tidak, terima kasih: Jika kamu belum ingin membuat akun google+, cukup klik tulisan ini. Proses ini juga bertujuan untuk mempercepat proses membuat akun gmail.
  • Buat profil anda: Kalau kamu ingin membuat akun google+ maka dapat mengklik "Buat profil anda" nanti akan muncul pengaturan-pengaturan lainnya.
4. Setelah melewati ketiga langkah diatas maka nanti akan muncul halaman berikutnya yang menyatakan bahwa akun email gmail yang kamu buat tadi telah berhasil dan siap untuk digunakan, tandanya akan terlihat seperti gambar dibawah ini.


5. Gambar diatas itu menunjukan kalau email yang tadi kamu buat telah jadi dan untuk membuka emailmu yang tadi sudah kamu buat, bisa kamu klik tombol biru yang bertuliskan "Memulai".

Pengenalan Gmail

1. Jika kamu ingin masuk ke akun google kamu, caranya cukup masuk ke halaman mail.google.com lalu masukan alamat email dan password kamu yang telah kamu buat sebelumnya. Setelah kamu berhasil masuk ke Gmail maka akan terlihat tampilan seperti gambar dibawah:


Keterangan
  1. TULIS, tombol merah yang terletak di sebelah kiri yang ditandai dengan penomoran nomor 1 digunakan untuk memulai mengirim email. Silahkan klik untuk memulai penulisan pesan yang ingin dikirimkan
  2. Kotak Masuk, dibawah tombol 'tulis' terdapat kotak masuk yang digunakna untuk melihat pesan-pesan yang masuk. Biasanya jika ada pesan baru atau pesan yang belum dibuka maka akan muncul angka disampingnya.
  3. Nama Pengirim, jika ada sesorang yang mengirimkan pesan kepadamu maka pada kolom yang ditandai nomor 3 itulah nama pengirimnya
  4. Judul/Tatauan Pesan, untuk melihat pesan yang diterima, maka klik bagian ini
  5. Selengkapnya, adalah fitur untuk melihat semua menu yang ada, termasuk untuk mengetahui spam yang masuk.

Cara mengirim dan melihat pesan

Tanbahan jika kamu telah berhasil membuat akun gmail namun belum mengerti cara mengirim dan melihat pesan. Disini tutorial-and-tips akan membagikan juga cara berkirim dan menerima pesan melalui Gmail.

A. Mengirim
untuk berkirim pesan, caranya adalah sebagai berikut:
  1. Sudah pasti kamu harus login dulu ke mail.google.com dengan mengetikan alamat email anda dan passwordnya.
  2. Jika telah masuk maka akan muncul jendela tentang email anda, selanjutnya untuk mengirim pesan anda bisa menekan tombol 'Tulis' yang berada di kotak merah samping kiri atas.
  3. Selanjutnya akan ada halaman kecil yang muncul seperti gambar dibawah ini









Keterangan
  1. Pada kolom kepada, isi dengan alamat email yang akan kamu kirimkan pesan. Pastikan penulisan email sesorang harus sesuai, tidak ada yang salah dalam penulisannya
  2. Subjek, adalah judul yang akan ditampilkan kepada penerima agar lebih mudah dikenali oleh penerima terkait pesan tersebut
  3. Pada kolom tersebut, kamu dapat menulis pesan yang akan kamu kirim
  4. Tombol kirim digunakan untuk mengirimkan pesan. Pastikan pesan yang kamu kirimkan sesuai dengan maksud dan tujuan kamu sebelum mengklik 'kirim'
  5. Nomor 5 adalah ikon untuk melampirkan file kedalam email yang akan kamu kirim. Lampiran file yang dimaksud bisa Microsoft Word.
B. Membuka
untuk  membuka pesan, caranya sangat mudah. Yang kamu bisa lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pada halaman gmail kamu, akan terlihat menu Kotak Masuk yang terletak di bagian kiri. Kamu bisa membuka menu Kotak Masuk untuk melihat/membuka pesan-pesan yang masuk ke akun emailmu
  2. Jika anda menerima pesan, ketika membuka menu Kotak Masuk maka akan terlihat deretan email-email yang masuk ke akun kamu. Jika tidak maka akan kosong.
  3. Untuk melihat isi pesan, kamu bisa mengklik judul pesan tersebut

Cara membuat email dengan Yahoo Mail


Berbeda dengan Google, Yahoo sebenarnya yang paling pertama kali terkenal soal layanan email gratis seperti ini, dan barulah kemudian Gmail muncul menjadi pesaingnya, tapi sayangnya malah yang belakangan hadir sekarang ini lebih mendapat banyak perhatian dari pengguna internet. Ini karena layanannya yang multi fungsi yang mana bisa juga dipakai untuk membuat blogspot, Youtube, Adwords, Adsense dan lain sebagainya.
Untuk bisa memiliki akun yahoo, maka akan kita bahas mengenai Cara untuk membuat akun email yahoo yang bisa kamu klik pada link berikut.

Berikut tutorial-and-tips dari kami mengenai cara lengkap membuat akun Gmail, bila ada yang ingin ditanyakan silahkan tanya dikolom komentar dibawah. Salam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar