Senin, 03 Oktober 2016

Tutorial dan Tips Cara Untuk Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat Secara Alami

Jerawat merupakan sesuatu yang sangat menjadi masalah oleh para remaja khususnya perempuan yang ingin tampil bersih dan cantik. Apalagi jerawat tersebut akan membekas dimuka dan akan sangat mengganggu. Nah, kali ini tutorial-and-tips akan mengupas tuntas mengenai noda, bekas jerawat, dan flek hitam di wajah. Tentunya yang kami bahas nanti itu berdasarkan riset dokter yang dari dulu hingga kini banyak dilakukan oleh orang-orang dalam mengatasi bekas jerawat.

Dalam beberapa kasus, jerawat dan bekas jerawat dapat dengan mudah diatasi dengan menggunakan bahan herbal, namun semua itu mungkin sesuai dengan kondisi atau jenis kulit penderita. Berikut akan tutorial-and-tips jelaskan

Di bawah ini penjelasan yang pernah dipublikasikan oleh naturallivingideas.com sendiri, jadi bukan dari hasil karangan kami. Selain itu beberapa referensi terpercaya juga digunakan untuk menjelaskan lebih rinci soal istilah medis yang disebutkan di dalamnya agar pembaca semakin lebih paham makna dan maksudnya.

1. Scrub Gula Tebu

Gula Pasir

Kalau di Indonesia ini masih jarang sekali digunakan padahal cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan bahan ini sangat mudah ditemukan, apalagi kalau di pulau Jawa hampir di tiap kota banyak yang menjual sari tebu di pinggir-pinggir jalan yang mana kita bisa langsung beli disitu yang masih dalam bentuk batangan.
Kandungan utama dalam cairan gula tebu yang baik untuk bekas jerawat adalah pada glycolic acid di dalamnya yang merupakan salah satu jenis AHA yang dapat menghilangkan kulit mati di kulit wajah yang biasanya menimbulkan flek hitam akibat telah terjadi luka disebabkan jerawat. Selain itu, kandungan Glikolat tersebut juga dipercaya oleh para ahli sebagai cara terbaik dalam melakukan regenerasi kulit muka sehingga setelah bekas di kulit muka telah hilang ia kemudian akan menjadi semakin cerah karena munculnya kulit baru yang lebih bersih.
Adapun cara membuat dan menggunakannya :
  1. Peras tebu yang masih segar untuk diambil airnya
  2. Kemudian campurkan minyak zaitun dengan perbandingan 2:1 dengan bahan pertama di atas
  3. Tambahkan beberapa tetes cairan lemon organik ke dalamnya. Tapi usahakan jangan sampai larutannya terlalu berair.
  4. Oleskan scrub gula pada bagian yang mengalami bekas jerawat saja setiap dua atau tiga hari lalu diamkan kurang lebih selama 15 menit.
  5. Selanjutnya bilas hingga bersih dan sempurnakan dengan menggunakan pelembab alami yang sudah terbukti baik.
Jika anda dapat melakukan tips ringan di atas maka sudah pasti akan terasa sekali hasilnya. Asalkan jangan berpikir bahwa cara ini bisa langsung dilihat hasilnya dalam seminggu atau dua minggu karena ini adalah cara alami sehinga Anda harus bersabar melakukannnya hingga 3 bulan ke depan dan baru setelah itu bisa melihat bagaimana perubahan pada wajahmu.

2. Masker Bubur Kentang


Kandungan dalam umbi ini sangat banyak yang mana 70% nya terdiri dari nutrisi dan 30% dari zat-zat lain. Adapun untuk tujuan mengatasi bekas wajah yang berjerawat maka kandungan vitamin C di dalamnya yang akan membantu kita. Ada beberapa cara penerapan bahan ini pada wajah, yaitu dengan mengiris tipis langsung dagingnya dan menempelkan pada bagian yang diinginkan atau juga bisa dengan dipotong kecil lalu diblender dengan sedikit air untuk dibuat seperti larutan bubur, kemudian cara penggunaannya dengan langsung dioleskan pada seluruh wajah layaknya masker.
Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik maka diamkan sekitar 15 menit pada wajah dan baru setelah itu dibilas dengan air hangat. Adapun untuk mendapatkan efek kulit muka yang lebih kencang maka bisa ditambahkan putih telur atau madu asli pada cairan buburnya.
Bagi yang punya masalah seperti lingkaran hitam pada mata, keriput, bintik hitam atau flek, luka bakar, kulit kering dan kusam, maka masker maupun potongan kentang organik ini bisa juga dijadikan sebagai solusinya.

3. Masker Parutan Jagung Muda

Kandungan vitamin A dan C dalam buah jagung telah diketahui baik untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami yang umumnya dalam bentuk bopeng atau lubang-lubang pada wajah. Ini karena dari kandungan tersebut mampu melepas jaringan ikat yang terjadi pada bagian kulit yang telah mengalami jerawat sebelumnya.
Adapun cara membuatnya cukup parut jagung yang masih muda lalu campur dengan sedikit madu dan putih telur (asal jangan terlalu encer). Selanjutnya tinggal oleskan pada seluruh wajah dan diamkan hingga 20 menit lamanya. Terakhir, tinggal basuh dengan air bersih. Dan untuk hasil yang lebih baik Anda bisa melakukan ini 2-3 kali dalam seminggu, dan akan lebih baik lagi kalau dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

4. Aloe Vera / Lidah Buaya

Lidah Buaya

Kandungan Lysine dalam obat jerawat alami ini sangat baik dalam membantu produksi elastin dancolagen pada kulit wajah sehingga bukan hanya akan membasmi flek hitam akibat bekas luka karena jerawat, tapi juga akan membuat kulit tampak lebih sehat dan juga membuat pemakainya tampak lebih muda dari sebelumnya. Caraspot menemukan 4 kandungan dari sekian banyak kandungan Aloe Vera ini yang bermanfaat untuk mengobati bekas jerawat, yaitu:
  • Anti-oxidant – Komponen anti-oksidan yagn terdapat dalam Aloe Vera baik sekali dalam membantu mengurangi tanda-tanda awal penuaan yang diakibatkan oleh keriput ringan.
  • Microphages (atau Makrofaga adalah sel pada jaringan yang berasal dari sel darah putih yang disebut monosit) – Aloe Vera meningkatkan aktivitas microphages dalam darah yang melawan infeksi dan membantu menyembuhkan luka lebih cepat dengan lebih sedikit jaringan parut. Dengan kandungan ini, selain terbebas dari bekas jerawat, kulit juga akan bebas dari bopeng atau lubang-lubang pada kulit yang diakibatkan oleh luka jerawat.
  • Lysine – Gel dari Aloe Vera juga telah terbukti baik untuk merangsang produksi kolagen pada kulit.
  • Amino-acids – Tingginya tingkat asam amino dalam herbal lidah buaya juga dapat meningkatkan jumlah energi yang tersedia untuk tujuan regenerasi sel.
Adapun cara penerapannya pada kulit adalah cukup dengan kupas kulit luar dari daun lidah buaya yang masih segar, kemudian cairan gel yang terdapat di dalamnya langsung diusapkan pada wajah secara keseluruhan. Untuk hasil yang lebih sempurna, diamkan gel hingga 30 menit lalu basuh dengan air bersih.

5. Baking Soda


Sejak dulu baking soda sudah dikenal memiliki banyak sekali khasiat. Bahkan di salah satu situs kesehatan luar negeri disebutkan hingga 15 manfaat dari bahan yang biasa dibuat campuran pembuatan kue ini, di antaranya adalah menghilangkan parasit, menjaga kesehatan rambut dan kuku, sebagai disinfektan alami dan juga sesuai yang kita bahas kali ini, yakni sebagai obat dalam cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat.
Cara pembuatannya adalah cukup dengan mencampurkan beberapa sendok teh baking soda dengan air secukupnya. Usahakan hingga membentuk pasta kental. Selanjutnya tinggal pijatkan pada bagian kulit yang terlihat ada bekas luka. Setelah itu cukup diamkan antara 1 hingga 2 menit saja, jangan terlalu lama karena bisa menyebabkan iritasi kulit. Terakhir cukup basuh wajah dengan air hangat lalu beri pelembab alami sebagai pelengkapnya. Bisa juga dilanjutkan dengan memberi minyak zaitun agar kulit semakin terlihat lembab dan segar.

6. Madu dan Bubuk Kayu Manis

Dalam sejarah budaya mana pun Madu sudah menjadi primadona untuk pengobatan berbagai penyakit. Bahkan dalam ajaran agama Islam madu sering kali dianjurkan untuk dijadikan sebagai obat utama, sebagaimana disebutkan dalam salah satu hadis Nabi Muhammad saw. Adapun dalam sejarah pada zaman Cleopatra di Mesir kuno, bahan alami ini sering sekali digunakan sebagai lotion wajah.
Satu hal yang menjadi kesalahan banyak orang yang menggunakan cara ini dalam mengatasi dan menghilangkan bekas jerawat mereka adalah karena umumnya hanya menggunakan produk madu pasaran. Padahal, madu terbaik yang bisa memperlihatkan khasiat untuk ini hanya pada madu alami yang sama sekali belum mengalami proses apa pun, ya tentunya hanya yang didapat dari petani langsung yang diambil dari hutan.
Cara menggunakan bahan madu ini adalah pertama-tama campurkan bubuk kayu manis secukupnya pada sesendok madu kemudian langsung oleskan pada bagian yang masih terlihat bekas lukanya. Diamkan hingga kering lalu basuh dengan air. Adapun kayu manis di sini berfungsi sebagai pembersih pori kulit.

7. Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa murni biasa kita temui dijual di toko herbal. Biasanya bentuknya mirip minyak pada umumnya, yakni bening dan lengket. Jika disimpan di ruangan bersuhu dingin maka ia akan terbentuk seperti adonan es krim putih. Bahan ini selain baik untuk menghilangkan bekas jerawat di muka juga akan berfungsi baik sebagai pelembab alami.
Untuk mendapatkan manfaat dari virgin coconut oil ini maka caranya cukup tuangkan pada telapak tangan sebanyak ¼ (seperempat) sendok teh. Menurut penuturan naturallivingideas.com bahwa akan lebih baik kalau dibiarkan dulu sejenak pada telapak tangan agar minyak menyesuaikan dengan suhu tubuh. Selanjutnya, pijatkan langsung minyak pada bekas luka di kulit wajah hingga terlihat basah. Jika ingin manfaat yang lebih maka biarkan saja minyak menempel dalam waktu lama dan tak perlu dicuci. Tapi bila terasa menggangu maka cukup diamkan hingga 30 menit saja lalu bersihkan dengan pembersih muka alami.
Ya, memang cara alami atau herbal itu tidaklah secepat menggunakan obat atau krim-krim mahal lainnya, namun penggunaan cara alami seperti ini memiliki banyak sifat positif, selain harganya yang terjangkau juga bahan-bahan yang digunakan alami sehingga menjamin kesehatan kulit anda. Terapkanlah dengan sabar dan teratur agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Sekian pembahasan tentang cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara alami dari tutorial-and-tips. Saran dan masukan selalu kami tunggu. Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar