Selasa, 04 Oktober 2016

Tutorial Cara Membuat Logo untuk Website, Blog, maupun Perusahaan Lengkap

Logo adalah suatu gambar atau sketsa dengan maksud tertentu (bisa berupa tulisan dan gambar atau keduanya) yang memiliki arti dari sebuah merk/brand, perusahaan, organisasi, daerah lembaga, negara, sekolah, dan apapun itu yang membutuhkan sesuatu yang unik, mudah diingat oleh orang yang pernah melihatnya sebagai identitas penganti nama instansi sebelumnya.

Sebuah logo, akan dikkatakan bagus bilamana logo tersebut memiliki arti atau makna tertentu pada logo yang ditampilkan yang mana logo tersebut mengandung filosofi tentang instansi terkait. Logo juga sebaiknya dapat diketahui maknanya dari bentuk dan warnanya yang simple, misalnya logo untuk usaha makanan yang menunjukan gambar makanan yang diproduksinya, sehingga jika orang awam melihatnya akan langsung berfikir jika logo tersebut berasal dari usaha makanan atau kuliner.

Ada banyak caram untuk membuat logo diantaranya kita bisa melalui aplikasi-aplikasi pengolah grafis seperti CorelDRAW, Adobe Photoshop, PicsArt, dll. Dan kali ini tutorial-and-tips akan membahas mengenai cara pembuatan logo simple melalui situs-situs penyedia jasa pembuatan logo online. Langsung saja kita bahas dibawah



Daftar situs penyedia jasa pembuatan logo online

1. Logaster.com


Dari sekian banyak website yang menawarkan pembuatan logo, Logaster.com merupakan yang paling populer dan terbaik. Mendesain logo di Logaster sangatlah mudah. Kamu tidak perlu memiliki keahlian dalam bidang desain, karena disana kamu cukup mengetikan nama brand atau websitemu, dan setelah itu kamu dapat menyimpan hasil desain kamu ke laptop kamu dengan berbagai pilihan format seperti JPEG, PNG, PDF, dan SVG. Selain itu Logaster.com juga memiliki fitur untuk mengatur ukuran logo yang sangat pas dengan website kamu.

Salah satu fitur yang menjadi keunggulan adalah layanan kebebasan secara penuh untuk melakukan proses editing logo. Kamu bebas mengatur teksnya, warnanya, dan juga iconnya. Selain itu kamu tidak perlu khawatir apabila logo yang kamu buat nantinya tidak bisa diaplikasikan di website milik kamu, karena Logaster.com kamu bisa atur letak dan posisi dari masing-maing bagian logomu, sehingga logo tersebut dapat memposisikan di tempat yang kamu inginkan.

2. Onlinelogomaker.com


Di dalam Onlinelogomaker.com terdapat banyak keunggulan dalam proses pembuatan logo, di antara yang paling Diseenangi adalah karena kita bisa memilih warna background yang kita inginkan, ini tentunya penting sekali jika ingin menempatkan logo di website atau blog karena tak selamanya warna latarnya putih polos, tapi terkadang menyesuaikan dengan tema utama dari blog tersebut. Selain itu, fasilitas seperti pengaturan posisi tulisan juga tersedia di dalamnya, dan bukan cuma itu, kamu juga bisa mengatur letak gambar logonya sesukamu, mau di bagian depan, atas, bawah, belakang atau pun di tengah tulisan yang memotong antara kata pertama dan kedua.
Secara keseluruhan layanan yang ditawarkan Onlinelogomaker.com cukup baik dan lengkap, baik dari segi desain karena semua yang dibutuhkan ada, termasuk logo yang siap pakai dengan berbagai model yang tersedia dan dapat dibentuk sesuai yang kamu inginkan. Jadi tidak perlu membuat logo dari nol lagi karena memakan banyak waktu serta pembuatannya membutuhkan teknik-teknik khusus yang sulit digunakan untuk pemula.
Tapi ada kekurangan yang saya anggap masih belum dibenari dalam OnlineLogoMaker ini, yaitu ukuran logonya ketika di download biasanya tidak bisa langsung memotong di tepi tulisan dan gambarnya sehingga kadang masih ada latar kosong tak terpakai yang ikut, tapi yang namanya blogger tetap saja ada jalan keluarnya. Kalau saya sendiri lebih senang menyelesaikan dulu rancangannya dan baru setelah itu langsung saya screenshot hasilnya dan memotongnya menggunakan aplikasi Paint di komputer. Hasilnya pun lumayan karena kualitas pixel gambarnya sama sekali tidak berubah, selama kita tidak melakukan resize dan hanya melakukan crop gambar saja.
3. Logonut.com
Selain kedua layanan diatas, ada juga layanan pembuatan logo yang tidak kalah menarik, yaitu Logonut.com hanya saja layanan tersebut tidak sepenuhnya gratis ditawarkan. Namun bisa diakali juga ketika logo sudah kamu buat dan jadi, maka setelah itu logo bisa didownload namun dengan syarat kamu membayar sekian. Nah ketika melakukan preview logo yang sudah kamu buat, kamu tinggal melakukan screenshot / printscreen pada tampilan previewl logo yang sudah kamu buat. Setelah itu kamu bisa mengeditnya melalui paint untuk melakukan pemotongan / cropping sesuai yang anda inginkan. 
Situs ini memiliki banyak kelebihan, namun juga memiliki banyak kekurangannya. Selain berbayar, juga warna latarnya yang hanya disediakan satu warna saja yaitu putih, sehingga akan membatasi kkreatifan kamu.
4. DesignMantic.com
Jika kamu ingin membuat desain baju atau pakaian, di DesignMantic.com kamu bisa melakukannya dengan mudah. Adapun tahap-tahapnya yaitu pertama kamu masuk ke situsnya, lalu masukan nama yang ingin dibuat logo nantinya. Selanjutnya tinggal pilih bentuk yang menarik dan atur sesuai keinginanmu. Nah terakhir, jika kamu tidak puas dengan hasil downloamu karena terlalu kecil maka gampang saja, cukup klik kanan pada gambarnya lalu pilih menu “Save image as” dan hasilnya kamu akan seperti menyimpan gambar kalau mengambil di blog-blog, tak ada bedanya dengan tampilannya.
5. LogoGarden.com
Sama seperti Logonut.com diatas, layanan ini juga sama, tidak sepenuhnya gratis. Layanan ini bisa gunakan dengan gratis namun logo yang dihasilkan hanya terbatas ukuran 200x42 pixel. Jika anda menginginkan ukuran yang lebih besar, maka anda diharuskan membayar. Hanya saja kalau dari segi kualitas bisa dibilang ini bisa jadi alternatif cara membuat logo online setelah beberapa website yang disebutkan di atas. Selain itu, untuk mengatur posisi dari tiap kata dalam tataletaknya bisa dilakukan hanya dengan melakukan ‘drag’ saja, jadi lebih mudah dan tidak sulit.

Mungkin di internet ada banyak sekali penyedia jasa pembuatan logo untuk website, blog, instansi, maupun perusahaan. Namun tutorial-and-tips hanya membagikan yang menurut kami penyedia layanan diatas baik dan populer dari sekian banyak situs penyedia layanan tersebut. Sekian dari kami, bila ada kekeliruan ataupun kesalahan mungkin dapat dimasukan karena hal tersebut dapat menjadikan acuan bagi kami untuk menjadi lebih baik kedepannya. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar