Senin, 03 Oktober 2016

Tips Cara Membersihkan Wajah Secara Benar dan Mencuci Muka Secara Alami


Mencuci muka tidak hanya sekedar membasuh muka dengan air ataupun dengan sabun muka, tetapi ada juga tipsnya agar wajah lebih bersih. Banyak orang yang tidak tahu dalam melakukan aktifitas ini apalagi wanita yang setiap harinya pasti membersihkan mukanya.


Sebenarnya sudah banyak situs-situs soal kecantikan dan wanita yang menjelaskan tentang cara membersihkan wajah dengan benar, tapi tutorial-and-tips juga ingin membahas tentang hal tersebut.
Berikut akan kami bahas mengenai cara membersihkan wajah secara alami




Tips Membersihkan Wajah Dengan Benar

Di bawah ini akan diungkapkan beberapa kesalahan yang sekaligus tips di dalamnya dalam merawat wajah agar tampak lebih cerah, bebas kusam dan tampak lebih putih dari sebelumnya.
  1. Bersihkan wajah dengan air hangat agar pori-pori dimuka bisa terbuka dan wajah menjadi lembab.
  2. Selanjutnya, basahi dan bersihkan juga tangan dengan air bersih
  3. Kemudian mulailah membersihkan wajah dengan sedikit cleanser wajah. Lalu cleanser wajah tersebut digogokan di tangan hingga berbusa. Kemudian, secara perlahan bersihkan wajah dengan cara menggosoknya dengan lembut dan memutar. Pijatlah dengan perlahan agar sisi kotoran udah keluar dari pori-pori muka.
  4. Setelah itu, diamkan beberapa detik lalu bilas dengan air dingin hingga bersih tidak ada sisa sabun yang tersisa. Tujuan dari penggunaan air dingin sebagai pembilas adalah agar pori-pori kembali tertutup setelah sebelumnya dicuci dengan air hangat
  5. Selanjutnya, keringkan dengan handuk yang lembut dan bersih hingga benar-benar kering
  6. Terakhir, bisa kamu gunakan pelembab muka khusus yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.
Selain tips diatas, ada tips tambahan untuk membersihkan muka, diantaranya adalah

1. Mencuci Tangan

Banyak dari kita ketika hendak mencuci muka langsung, tidak mencuci tangan sebelumnya yang bisa jadi tangan kita masih kotor setelah memegang sesuatu Untuk itu, pastikan setiap kali sebelum melakukan aktifitas ini agar memperhatikan kebersihan tangan dengan mencucinya tanpa harus tau habis pegang apa sebelumnya.

Pastikan pembersih mukanya diusap hingga agak berbusa agar cairan cleanse tidak langsung mengenai kulit.
Saat membersihkan wajah jangan hanya pada bagian tersebut tapi pada bagian leher juga karena biasanya saat berkeringat banyak kuman dan kotoran yang bersarang di situ.
2. Gunakan Sabun/Cairan Pembersih Muka yang Cocok
Kulit setiap manusia pasti memiliki sifat yang berbeda-beda, ada tipe kulit yang berminyak, kering, dan sensitif. Untuk tipe kulit yang berminyak, gunakan facial wash yang berbentuk gel dan berbusa, lalu untuk kulit kering, disarankan menggunakan yang eberbentuk krim dan mengandung zat pelembab yang besar, sedangkan untuk kulit yang sensitif disarankan untuk menghindari facial wash yang mengandalkan bau atau zat wanginya saja, kaerna dapat menyebabkan iritasi.
3. Membilas sampai bersih
Terkadang karena terburu-buru menyebabkan tidak bisa membersihkan dengan tuntas sisa sabun yang masih melekat di muka. Padahal keadaan tersebut dapat mengakibatkan kulit menjadi kering dan sisa busa tersebut dapat mengakibatkan penyumbatan pori pada pori-pori kulit sehingga dapat menyebabkan jerawat.
4. Jangan gunakan air terlalu panas
Air hangat yang digunakan jangan terlalu panas, karena bisa membuat kulit menjadi kering. Demikian juga air dingin, jangan gunakan air yang terlalu dingin, karena dapat memperngaruhi pemburuh darah dalam kulit.
5. Diamkan setelah dibersihkan
Sebaiknya diamkan dulu sebelum dibilas sekitar 30 detik sampai 60 detik guna pembersih tersebut mampu mengangkat kotoran sebelum dibilas oleh air
6. Gunakan Pelembab
Usahakan setelah selesai dibersihkan dan dikeringkna untuk segera menggunakan pelembab, jika tidak maka kulit akan mengering dan pelembab tidak akan bekerja dengan baik.
7. Gunakan handuk yang bersih
Jangan sampai salah menggunakan handuk, cara menggunakan handuk yang benar untuk daerah muka adalah dengan cara bukan digosok tetapi ditepuk-tepuk secara lembut dan perlahan hingga kering. Efek samping yang diberikan apabila menggosokan pada muka adalah dapat menyebabkan iritasi, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.
Pencuci Wajah atau Pembersih Wajah Alami
Tips ini tutorial-and-tips kutip langsung dari VivaNews yang mana ulasan intinya menganjurkan untuk tidak menggunakan sabun, tapi bahan alami.
Penggunaan sabun sebenarnya memang terasa bersih dan kesat, tapi jangan salah karena dari tindakan tersebut, menurut pemaparan Ellen Marmur, MD., seorang kepala divisi Dermatologis di sebuah medical center di New York, dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kurang kenyal disebabkan hilangnya lapisan pelindung  alami dari kulit.
Katanya, yang harus diwaspadai saat membersihkan muka dengan sabun adalah pada lapisan stratum corneum pada kulit yang tipis seperti kulit ari. Karena dengan penggunaan scrub maupun sabun yang keras akan mengikis dan menghilangkannya yang merupakan lapisan alami di wajah kita.
Oleh karena itu, disarankan menggunakan minyak Zaitun, karena kandungan dari minyak alami ini mampu mengembalikan kelembaban kulit yang kering dan juga untuk kulit yang terkena iritasi. Caranya, teteskan secukupnya minyak zaitun pada air hangat kemudian aduk lalu langsung basuh dan cuci muka menggunakna air tersebut. Menurut pakar di atas, bahwa tindakan seperti ini jauh lebih baik dari pada menggunakan sabun.

Nah, sekian penjelasan dari tutorial-and-tips tentang cara membersihkan wajah dengan benar dan alami, apabila ada kekurangan dan tambahan bisa ditambahkan di kolom komentar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar