Senin, 03 Oktober 2016

Tutorial Cara Mengganti Template / Tampilan Blog agar Menarik

Setelah sebelumnya tutorial-and-tips menjelaskan cara membuat blog (bisa dilihat disini), sekarang kami juga akan menjelaskan bagaimana agar tampilan blog yang sudah anda buat menjadi lebih menarik. Kami akan menjelaskan tahap-tahap mengganti template / tampilan blog menjadi menarik layaknya blog atau website mahal sekaligus. Tak perlu memusingkan pemograman utnuk membuat tampilan lebih menarik, kali ini cukup dengan mengklik klik mouse saja hahaha.

Soal mengubah template sebenarnya bukan hanya tampilan saja tetapi juga ada hal yang sangat penting bagi Bloger, yaitu tentang SEO atau Search Engine Optimization, dan yang perlu dipertimbangkan adalah soal kesederhanaannya. Sederhana bagaimana?  Ya, dengan mengurangi gambar pada template maka secara otomatis loadingnya akan semakin cepat, dan sudah pasti ini sangat baik buat pengunjung blog karena mereka tak perlu menunggu lama untuk membaca artikel yang disajikan di dalam blog tersebut, selain karena mesin pencari seperti google lebih senang dengan blog yang ringan dan kurang penggunaan java script yang diakibatkan oleh penggunaan widget yang berlebihan. Nah, berikut akan kami jelaskan tipsnya.

Langkah-langkah mengganti Template blog:

  1. Login ke blogger menggunakan akun blogger anda
  2. Masuk ke Dashbiard
  3. Dibagian menu sebelah kiri, klik 'Template'

4. Klik tulisan ‘Cadangkan/Pulihkan’ – Ini akan terlihat di samping kanan setelah anda mengklik                  tuisan ‘template’ di atas. Setelah itu tinggal klik juga tulisannya dan akan muncul halaman kecil.

5. Upload template blog dengan mengklik tombol 'telusuri' seperti gambar dibawah ini 


  • Untuk lingkaran biru nomor 1 sebagai tombol untuk memilih file template yang sudah di download
  • Unggah pada lingkaran merah nomor 2 untuk mulai mengupload template yang sudah dipilih.
6.  Jika anda sudah memilih, selanjutnya klik 'Unggah' seperti contoh diatas. Pastikan nama filenya            sesuai dengan apa yang anda inginkan.
7.  Tunggu beberapa menit dan proses ganti template pun sudah tuntas.
Selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan mengatur warnanya dan berbagai aturan lain seperti jenis font, ukuran tulisan, atauoun mengganti gambar yang ada dengan yang lain. Semua akan bisa dilakukan asal kita bisa mencobanya. Sekian tutorial-and-tips kali ini, bila ada kekurangan bisa disampaikan pada kolom komentar. Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar